Saturday 6 October 2012

Mojito


Mojito adalah minuman keras khas Kuba yang semula digunakan oleh masyarakat Afrika sebagai obat untuk penyakit malaria. Kata Mojito sendiri berasal dari kata Mojo yang berarti Spell atau jampi-jampi.
Minuman mojito dikenal sebagai minuman klasik yang dibuat dari berbagai bahan seperti rum putih, gula (biasanya gula tebu), limun, air soda, dan daun mint. Mojito dibuat dengan berbagai kombinasi rasa seperti rasa manis. Selain itu juga terdapat rasa limun yang segar dan mint yang dimaksudkan untuk menutupi rasa rum yang keras. Minuman mojito saat ini  termasuk sebagai salah satu minuman populer di dunia yang diminum ketika musim panas.

Proses pembuatan mojito dimulai dengan memeras limun yang dimasukkan ke dalam wadah. Perasan limun tadi dicampur dengan gula dan daun mint. Semua bahan tadi digiling hingga halus tanpa ada butiran gula lagi menggunakan mesin khusus kecuali daun mint.  Sementara untuk daun mint, hanya dimemarkan sedikit saja dengan tujuan  untuk mengeluarkan minyaknya. Namun perlu diingat daun mint tidak diiris.
Setelah selesai rum ditambahkan pada bahan yang sudah dihaluskan tadi dan diaduk sedikit. Adukan tersebut berguna untuk melarutkan gula dan mengangkat potongan daun mint. Untuk proses akhirnya campuran tersebut ditambahkan es batu dan air soda. Jadilah mojito dari kuba. Selain itu untuk menambah selera bisa ditambahkan daun mint dan sepotong limau untuk menghiasi gelasnya. Kini berbagai bahan pun lebih banyak digunakan untuk membuat mojito yang nantinya mempengaruhi nama minuman mojito sendiri. Seperti Havana rose jenis mojito yang dicampur dengan perpaduan orange juice, sirup vanila,rosmery dan tebu.

Sumber: http://goorme.com/article/mojito-milik-kuba

No comments:

Post a Comment