Friday 28 September 2012

Rasisme

Apa yang kalian tahu tentang rasisme? Mungkin kalian sudah tidak asing mendengar kata ini. Kali ini saya akan menjelaskan rasisme yang masih menimbulkan banyak permasalahan. Ini dia arti dari rasisme selengkapnya.

Rasisme adalah sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Rasisme telah menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, segregasi dan kekerasan rasial, termasuk genosida. Politisi sering menggunakan isu rasial untuk memenangkan suara. Istilah rasis telah digunakan dengan konotasi buruk paling tidak sejak 1940-an, dan identifikasi suatu kelompok atau orang sebagai rasis sering bersifat kontroversial.

Kasus rasisme sekarang sedang banyak dibicarakan. Bahkan didalam dunia persepakbolaan, rasisme ini lah yang selalu menjadi masalah besar. Ke-rasisan seseorang biasanya ditujukan kepada sebuah etnis atau warna kulit dan darimana orang itu berasal. Saya pertama mendengar kata rasisme pada saat saya SMP. Pada saat itu sedang pelajaran sejarah dan membahas mengenai sebuah tragedi yang terjadi di kota Jakarta. Dimana etnis tionghoa di bantai oleh rakyat pribumi. Itu kejadian rasisme di Indonesia. Beda halnya dengan kasus rasisme yang terjadi di Amerika Serikat. Di Amerika rasisme biasanya terjadi antara perbedaan warna kulit. Orang yang berkulit hitam biasanya dianggap lebih rendah daripada orang yang berkulit putih. Hal itu dikarenakan pada zaman dahulu orang kulit hitam dari Afrika yang dibawa ke Amerika hanya untuk dijadikan budak saja. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang kulit hitam menunjukan bahwa mereka tidak serendah apa yang orang kulit putih fikirkan. Orang kulit hitam membuat sebuah pemberontakan dengan membuat musik rap, yang kabarnya itu adalah musik-musik orang negro yang liriknya menceritakan sebuah pemberontakan terhadap politik, sistem yang ada dan juga gaya hidup. Orang negro di Amerika pun banyak memberikan warna baru dalam bahasa inggris. Mereka menciptakan kata-kata slang dan aksen mereka sendiri, itu terdengar sangat unik. Semakin banyak orang negro yang menjadi artis dunia yang sangat terkenal, dan sekarang kasus rasisme di Amerika Serikat dan di Indonesia sudah mulai terhapus dan tak dipermasalahkan.

Oke, segini dulu postingan saya mengenai rasisme. Jauhkan sikap membeda-bedakan, apapun warna kulitnya, rambutnya, bentuk tubuhnya atau apapun. Tetap saling menghargai dan berhenti bersikap rasis karena hanya akan menimbulkan masalah baru. Peace!

No comments:

Post a Comment